Tips Menjemur Pakaian Agar Warna Tidak Mudah Pudar | kainmu.com
True

Tips Menjemur Pakaian Agar Warna Tidak Mudah Pudar

Merawat pakaian dimaksudkan untuk mempertahankan kualitasnya. Selain memahami cara mencuci pakaian yang benar, Kamu juga perlu tahu cara menjemur pakaian yang benar dan baik agar kualitas pakaian selalu terjaga dan memiliki usia pakai yang lebih lama. Cara menjemur pakaian merupakan salah satu langkah penting dalam merawat pakaian. Bukan hanya sekedar mencuci lalu mengeringkan dan menjemurnya.

Agar kualitas pakaian Kamu selalu terjaga, berikut beberapa tips yang bisa Kamu ikuti:

PASTIKAN KEBERSIHAN PAKAIAN
Sebelum menjemur pakaian, pastikan pakaian tersebut sudah benar-benar bersih dari sisa deterjen ataupun pemutih, karena hal ini dapat mempercepat perubahan warna pakaian.

BALIK PAKAIAN
Membalik pakaian dari semua jenis kain saat hendak menjemur agar yang terkena pancaran sinar matahari adalah sisi dalam pakaian. Menjemur pakaian secara langsung di bawah sinar matahari dapat membuat warna pakaian menjadi pudar. Namun, jika sisi dalam pakaian yang terkena sinar matahari, sisi luar pakaian akan terlindungi dan tidak cepat pudar.

KIBAS AGAR TIDAK KUSUT
Pakaian yang telah dicuci sudah pasti kusut. Kibas pakaian yang hendak dijemur dengan cara menarik semua ujung pakaian, hal ini dimaksud untuk mengurangi kerutan ataupun kusut pada pakaian Kamu dan agar seluruh pakaian merata keringnya selama penjemuran. 

MENGGUNAKAN PENJEPIT KAYU
Jika pakaian dijemur di area yang berangin kencang, gunakanlah penjepit agar pakaian tidak terbang terbawa angin. Dianjurkan untuk menggunakan penjepit kayu karena tidak meninggalkan bekas pada pakaian.

MENJEMUR DI TEMPAT YANG TEDUH
Sebaiknya, jangan menjemur pakaian langsung di bawah sinar matahari. Sinar matahari yang terlalu kuat bisa memudarkan warna pakaian, membuat kain pakaian mengeras, dan sablon lebih cepat rusak. Jemurlah pakaian di tempat yang teduh atau memasang atap bening di area menjemur pakaian. Tujuannya agar pancaran sinar matahari tidak langsung mengenai pakaian.

Dengan mengikuti tips di atas, Kamu dapat memastikan bahwa pakaian tidak hanya kering dengan baik tetapi juga tetap terjaga kualitasnya. Setiap pakaian memiliki cara mencuci dan mengeringkannya masing-masing, karena bahan kain yang digunakan setiap pakaian tidak sama. Hendaklah mematuhi panduan yang telah tertera agar pakaian tetap awet dan terjaga kualitasnya. 

Sumber : Berbagai sumber di internet


Memilih Jenis Kain yang Memerlukan Perhatian Khusus saat Dicuci

To install this Web App in your iPhone/iPad press and then Add to Home Screen.